Pertama Di Dunia, Susu Formula dari Unta Ada di Dubai

Sebuah perusahaan yang berbasis di UEA (Uni Emirat Arab) telah meluncurkan produk baru yakni susu formula bayi yang  berasal dari unta dan yang pertama di dunia. Campuran susu bubuk instan ini ditujukan terutama untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. Apalagi, susu ini juga diklaim memiliki lebih banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi daripada susu sapi. Tapi memang, susu unta telah terbukti memiliki lebih banyak manfaat jika dibandingkan dengan susu sapi.

Lebih dari Sekedar Susu

Industri Emirates untuk Susu & ProdukUnta, atau “Camelicious”, pada hari Senin meluncurkan produknya di Gulfood 2018, sebuah acara perdagangan makanan dan minuman internasional yang berlangsung dari 18-22 Februari di Dubai. Susu, yang menurutnya cocok untuk anak usia satu sampai tiga tahun tersebut menargetkan pasar bayi yang alergi terhadap susu sapi.

Susu unta, merupakan makanan pokok orang-orang Badui di seberang Telukselama berabad-abad. Mereka bahkan terus memasukkan susu kaya vitamin tersebut ke dalam makanan modern mereka. Baik susu unta maupun dagingnya juga sangat populer sebagai makanan orang-orang Teluk dalam beberapa tahun terakhir termasuk juga coklat unta, carpaccio unta, burger unta dan sekarang susu formula bayi dari unta siap dipasarkan.

Perusahaan menyebut produk terbarunya “susu instan pertama di dunia yang diproses dari susu unta”.”Susu unta merupakan bagian integral dari budaya Arab dan Islam pada umumnya dan budaya warisan UEA pada khususnya,” kata manajer umum Camelicious, Saeed Juma Bin Subaih.Dia melanjutkan; “Susu ini benar-benar melengkapi nilai dan tradisi UEA yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya”. Sehingga, susu ini lebih dari sekedar susu melainkan ada nilai budaya dan agama di dalamnya.

Diminati Oleh Pasar Besar

Camelicious, yang mengelola peternakan unta terbesar di dunia, mengatakan ada “alergi yang tidak diketahui” yang terkait dengan susu sapi dan mereka telah bekerja dengan pakar industri untuk mengembangkan produk susu bayi berusia antara 1 dan 3 tahun yang berasal dari susu unta. Formula baru ini akan masuk ke pasar di Uni Emirat Arab selama beberapa bulan ke depan, sebelum diekspor ke negara lain di Teluk dan India.

“Kami telah mendedikasikan diri untuk mengembangkan formula khusus untuk menjadi susu instan pertama di dunia yang diproses dari susu unta,” kata Mutasher Al Badry, wakil manajer umum Camelicious, dalam sebuah pernyataan. Menariknya, susu formula baru ini memasuki pasar yang sangat besar dan mendapatkan sambutan yang sangat positif dari konsumen.

Seperti diketahui jika penjualan susu formula global bernilai puluhan miliar dolar setahun dan industri ini didominasi oleh merek seperti Nestle, Danone dan Heinz. Para ahli memperkirakan bahwa 2% sampai 3% bayi alergi terhadap susu sapi, yang dapat menyebabkan berbagai reaksi termasuk muntah, mual dan diare. Hanya saja penyebab alergi ini sangat sulit untuk didiagnosis.Hal itu menyebabkan anggapan para dokter bahwa sekitar 15% anak memiliki alergi. Inilah yang mendorong dokter dan orang tua untuk menggantikan produk susu untuk bayi sebagai tindakan pencegahan.

Camelicious sedang dalam tahap pembicaraan dengan para dokter dan rumah sakit di UEA untuk mempromosikan produk baru tersebut dan meningkatkan kesadaran Togel Singapura akan manfaat susu unta. Tercatat susu ini memiliki sekitar 50% lebih sedikit lemak daripada susu sapi dan kandungan vitamin C-nya 3 sampai 5 kali lebih tinggi. Perusahaan juga sedang mempelajari dan mengembangkan susu formula unta untuk bayi kurang dari usia 1 tahun.