Ajudan Wagub Positif Corona Lagi Setelah Sembuh

Kabar datang dari ajudan wakil gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah (Ijeck), Ory, yang dikabarkan kembali menjalani perawatan di Solasi karena ia dinyatakan positif virus Corona lagi. Sebelumnya Ory dinyatakan sudah sembuh atau sudah negatif virus Corona berdasarkan hasil tes swab pada tanggal 6 April 2020.  Akan tetapi pada tes selanjutnya hal yang dikeluarkan pada tanggal 4 Mei 2020 tepatnya Ory kembali lagi dinyatakan positif virus Corona sehingga ia kembali lagi dijemput oleh tim medis guna mendapatkan perawatan isolasi dan perawatan intensif. 

Ory Kembali Lagi Positif Virus Corona

Menanggapi hal tersebut Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut, dokter Aris Yudhariansyah, Medan, hari Rabu (6/5) mengatakan, “Bisa jadi reaktivasi dan reinfeksi..Tapi kemungkinan yang terdekat dari infeksi, penyebabnya infeksi lagi.”

Reaktivasi artinya masih ada virus dalam tubuh pasien yang tak terdeteksi dan kembali aktif.  sementara itu reinfeksi adalah tetap artinya kembali pasien yang sudah sembuh sehingga menyebabkan sakit lagi. “Tertular dari mana, nanti tim PE (Penyelidikan Epidemologi) yang melacaknya. kayaknya Setelah dia pulang ke Aceh, Habis itu dia balik lagi ke Medan, Setelah itu dilakukan tes swab,  dia balik lagi ke Aceh. Nah, kemudian dia dinyatakan positif.” 

Kasus reaktivasi dan reinfeksi yang dialami oleh ajudan Wagub Sumut ini adalah yang kali pertama terjadi di Sumut. Dan kasus seperti ini pada umumnya langka terjadi di Indonesia sampai saat ini. Ketika Ory dinyatakan positif kembali ia tak mengalami gejala konflik yang sebelumnya telah dialaminya. “ kalau di Sumut, ini kasus yang pertama (positif kembali).  Bahkan dia ( Ory)termasuk OTG (Orang Tanpa Gejala),” tambah Aris dilansir dari CNN Indonesia.

Aris juga menambahkan bahwa varian virus Corona pada tubuh Ory bisa jadi berbeda beda dari sebelumnya. “ varian virus nya bisa jadi berbeda dengan sebelumnya, bisa jadi ada perubahan varian. apalagi virus korona terus bermutasi.” 

Bisa Terjadi Reaktivasi dan Reinfeksi

Reaktivasi atau reinfeksi menurut Aris bisa terjadi di mana orang yang sukses selalu dinyatakan sembuh dan bisa kembali positif virus Corona lagi seperti yang dialami oleh ajudan wakil gubernur Sumut ini. “Reaktivasi atau infeksi kemungkinan besar bisa terjadi, karena paparan paparan virus paparan virus Corona masih sangat tinggi. untuk itu masyarakat diminta untuk paham dengan fabel dan juga alur dari COVID-19 bekerja,” ujarnya lagi. 

Biasanya, lanjut Aries, rata-rata virus ini bertahan sampai hari ke-20. setelah antibodi timbul dan juga matang, sejak hari ke-10, Jumlah virus bakal menurun secara drastis. Kemudian, di hari ke-14, jumlah virus nya tinggal sedikit, dan Bapak benar-benar bersih pada hari ke-20. “Namun pada kasus ekstrim di mana virus bisa bertahan sampai 28 sampai 37 hari setelah kontak.  Jika mau aman, gunakanlah prinsip 2 kali 20 hari atau 6 pekan. Untuk itulah, Kenapa isolasi togel online menjadi sangat penting untuk mematikan virus benar-benar sudah hilang dan tak akan mengeluarkannya ke orang Pain,”  tuturnya lagi. 

Sebelumya dikonfirmasi bahwa Ory positif karena telah sampai sembuh. sebelum dirinya dinyatakan pasti kembali dirinya pulang kampung  ke kampung halamannya Yaitu di Kabupaten Bireun Provinsi Aceh. Husaini, juru bicara COVID-19 Kabupaten Birueun, mengatakan bahwa sebelumnya Ory pernah dirawat di rumah sakit Adam Malik Medan karena dirinya terkonfirmasi positif virus Corona akan tetapi pada tanggal 6 April 2020 dirinya dinyatakan sudah sembuh.