Vaksin Untuk Timnas Indonesia Perlu Disegerakan

Zaidin Amali selaku Menpora berupaya memberi rekomendasi bahwa Timnas Indonesia harus segera mendapatkan vaksin Covid-19. Ini bertujuan supaya para skuad tidak mengalami gangguan selama menjalani pertandingan-pertandingan internasional.

Dalam waktu dekat ini, Timnas U-19 dan U-16 akan berlaga di Piala Asia. Laga yang sama akan dialami oleh Timnas senior karena mereka akan berlaga di sisa kualifikasi Piala AFF dan Piala Dunia.

Amali mengaku siap memperjuangkan kondisi para pesepakbola, terutama bagi mereka yang bermain di tim nasional. Harapannya adalah menghilangkan kecemasan dan ketakutan kala berjuang demi bangsa di ranah sepak bola. Ini juga melihat betapa padatnya jadwal pertandingan di tahun ini.

Kemarin sang menteri berujuar bahwa pihak mereka akan memberi prioritas kepada para pemain Timnas dan menyegerakan pemberian vaksin. Beliau mempercayakan semua kepada pihak Kementrian Kesehatan. 

Seputar Pemberian Vaksin Covid-19

Di Indonesia, vaksinasi corona telah dimulai atau dicontohkan oleh Presiden RI Joko Widodo. Menurut laporan, sudah ada data prioritas dan tenaga kesehatan yang akan menyusul pemberian vaksin tersebut. Ini termasuk Timnas Indonesia.

Pihak pemerintah bahkan sudah membuat keputusan bahwa pemberian vaksin tersebut akan segera diratakan ke seluruh warga negara. Namun, ada laporan bahwa proses pemberian tersebut akan digelar secara bergantian dan semua masyarakat harus menunggu gilirannya.

Zainudin Amali mengatakan bahwa semua menjadi keputusan pihak Kemenkes karena mereka yang berhak untuk menentukan kapan dan di mana pemberian vaksin akan diproses. Saat ini, prioritas awal adalah seluruh tenaga kesehatan atau medis.

Dia tetap menekankan bahwa para pemain bola juga harus disegerakan karena akan segera berlaga di ajang internasional, seperti yang akan dihadapi Timnas U-16, U-19, dan U-23.

Usaha Memprioritaskan Vaksin Covid-19 Ke Atlet Ofisial

Kemenpora juga berniat mengajukan permintaan kepada pihak Kementrian Kesehatan untuk menyegerakan pemberian vaksin Covid-19 kepada atlet ofisial, terutama Timnas Sepak Bola Indonesia.

Secara khusus, pemberian vaksin tersebut adalah untuk pemain U-16, U-19, para senior, dan Shin Tae-Yong selaku pelatih. Tidak ketinggalan ini juga disegerakan untuk para staf yang terlibat. Desakan ini mengingat bahwa para pemain akan mendapati jadwal pertandingan padat dalam 5 bulan ke depan.

Zainal mengatakan bahwa tugasnya sebagai Kemenpora hanya mampu mengumpulkan data nama-nama atlet dan cabang olahraga yang digeluti. Untuk urusan jadwal pemberian vaksin, itu semua merupakan wewenang dari Kemenkes.

Dia menuturkan bahwa pihaknya sudah membuat rekomendasi ke Kementrian Kesehatan. Tujuannya tentu memberi prioritas pemberian vaksin ke seluruh daftar nama yang sudah dibuat, termasuk pelatih asing dan seluruh staf.

Menurutnya, semua jajaran termasuk staf juga harus mendapatkan suntikan tersebut. Amali yakin bahwa pihak Kemenkes akan paham dengan rekomendasi togel singapore 2021 tersebut. Kini semua hanya tinggal menunggu respon dan pengumuman atau kabar baik dari mereka.

Pentingnya Vaksin Covid-19

Vaksinasi COVID-19 adalah cara yang lebih aman untuk membantu membangun perlindungan terhadap paparan virus berbahaya tersebut. Tidak ada ada cara untuk mengetahui bagaimana virus akan memengaruhi seseorang.

Dan jika terpapar, orang ini dapat menularkan penyakit tersebut kepada teman, keluarga, dan orang lain di sekitarnya. Akan menjadi hal serius bila semua pemain bola terkena dampaknya.

Uji klinis semua vaksin harus terlebih dahulu menunjukkan bahwa mereka aman dan efektif sebelum vaksin apa pun dapat diotorisasi atau disetujui untuk digunakan, termasuk yang sudah dimiliki oleh Kemenkes.

Manfaat yang diketahui dan potensial dari vaksin Covid-19 harus lebih besar daripada risikonya. Semoga para pemain Timnas Indonesia bisa segera mendapatkannya.